Daerah

Kabid PSP Distanpan Polman Tinjau Jalan Tani

BeritaNasional.ID. Polman.Sulbar — Kepala Bidang PSP Distanpan Polman, Muhammad Yunus menghadiri acara syukuran turun sawah sembari meninjau proyek jalan usaha tani yang dikerjakan swadaya oleh Gapoktan Padi Berkah .

Kabid PSP Distanpan Muh Yunus saat meninjau lokasi jalan tani ( foto yuni bernas )

Dalam kegiatan tersebut Kabid PSP Distanpan .Muhammad Yunus didampingi langsung oleh Balai Penyuluh Pertanian( BPP ), bertempat , sanggar tani Padi Berkah Katumbangan Kec Campalagian kab Polman Sulbar . Rabu 15 September

Muhammad Yunus mengatakan selain menghadiri undangan turun sawah , kami sekaligus meninjau pembangunan jalan usaha tani, ” sesuai laporan tim teknis bahwa jalan usaha tani telah rampung 100 % ” kata Yunus.

Lanjut Yunus mengatakan jalan tani yang di maksud dalam RAB panjangnya 232 meter , lebar jalan 2,5 meter, Namun setelah kita tinjau ada penambahan volume pekerjaan sepanjang 38 meter, melalui hasil swadaya Poktan Padi Berkah, Jelas Yunus.

Jalan usaha tani merupakan program prioritas Kementerian Pertanian, sebab bangunan ini dapat menambah kesejahteraan petani dalam artian meningkatkan ekonomi pertanian, khususnya tanaman padi. ” paparnya.

Manfaat jalan tani mempermudah mengangkut hasil pertanian, sambung Yunus, serta mempermudah akses sarana alat mesin pertanian seperti combine, traktor dan lainnya.

Tahap pertama tahun ini ada 6 kelompok tani yang mendapatkan bantuan jalan usaha tani, Selanjutnya pada tahap kedua, kementerian pertanian kembali menyalurkan bantuan untuk tujuh paket pembangunan jalan usaha tani. ” bebernya.

Selain pembangunan jalan usaha tani, tahun ini juga kata Yunus dilakukan perintisan jalan produksi pertanian di Desa Landi Kanusuang, sepanjang 2,5 Kilometer, ditambah swadaya kelompok tani 500 meter, ” Agar dapat dilalui kegiatan hasil perkebunan, ” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Poktan Padi Berkah, H. Samasil merasa bersyukur, usai rampungnya jalan usaha tani di Desa Katumbangan, Sebab dengan adanya bantuan seperti ini, sangat bermanfaat bagi petani. yang sebelumnya cukup kerepotan mengangkut padi menggunakan motor taxi di sawah.

” Sekarang sudah lancar. Karena betul-betul sebelum dikerjakan jalan ini becek. Luas sawah kelompok tani Padi Berkah itu kurang lebih 25 hektar, ” paparnya

Sementara itu, Kepala BPP Campalagian, Muhammad K. Mengatakan pembangunan jalan tani di desa Katumbangan adalah kali pertama Kelompok tani Padi berkah mendapatkan bantuan jalan usaha tani, dimana selama ini, petani sangat susah mengelola dan membawa traktornya ke sawah , karena lahan milik orang lain yang berada disebelahnya terganggu , namun dengan adanya jalan tani ini , akses angkut hasil pertanian bisa lebih mudah . Kata Muhammad .

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button