DaerahSulbar

Festival Penyu , Sek Pariwisata Polman : Edukasi Masyarakat Pentingnya Konservasi Penyu

BeritaNasional.ID.Polman.Sulbar —Dinas Pariwisata Kab Polewali Mandar menggelar Festival Penyu 2021 dengan tema “ Lestarikan Penyu, Selamatkan Bumi, Masyarakat Sejahtera”.

Pelaksanaan festival penyu berlangsung di kawasan Rumah Penyu, Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo. Feyang akan digelar selama 2 hari, dimulai 14 sampai 15 Juni 2021.

Ketua Panitia Festival Penyu, Askar Al Oadri mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini sudah diagendakan sejak beberapa tahun lalu. Namun tertunda karena berbagai alasan, salah satunya karena pandemi virus corona,

“ Sebenarnya festival sudah digadang-gadang dilaksanakan pada tahun 2019, namun karena pasokan material kami tidak mencukupi akhirnya kami batalkan, ” ungkap Akar dalam sambutannya . Senin 14 Juni

“Tahun 2020 kami sudah siap mental, lahir dan batin, tetapi kita dibombardir covid sehingga dibatalkan secara terpaksa, “ ungkapnya lagi.

Lanjut Askar mengatakan, pelaksanaan Festival Penyu bertujuan mempromosikan potensi wisata di daerah ini, salah satunya kawasan rumah penyu,

” Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini, tidak lain dan tidak bukan, untuk mengenalkan tempat ini. Mampie punya potensi yang sangat besar, ada wisata, ada konservasi, semua kalangan bisa belajar tentang penyu, “ujarnya.

Selain itu, lanjut kata Askar, promosi wisata dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan, diharapkan berdampak positif pada perekonomian warga setempat,

” Jika sudah tidak dikenal, bukan tidak mungkin perekonomian warga di tempat ini bisa meningkat, karena ada transaksi warga yang datang ke sini, “ tuturnya.

Askar mengaku bersyukur, pelaksanaan festival penyu mendapat respon positif dari semua kalangan. Ia berharap, kegiatan ini berjalan lancar, serta dapat kembali digelar pada tahun mendatang, “ Mewakili panitia yang mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf jika ada kekuranaan. Semoga keaiatan ini bisa berialan

Ditemoat yang sama Sekretaris Pariwisata A.Sukmawati mengatakan Melalui kegiatan Festival Penyu Mampie 2021 mengajak masyarakat sekitar sadar dan beberapa komunitas untuk melestarikan penyu yang terancam punah.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Polewali Mandar Andi Sukma mengatakan kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat pentingnya konservasi penyu.

Selain memberikan kesadaran ke masyarakat melalui festival penyu, Andi Sukma juga mengungkapkan potensi yang ada di Rumah Penyu dapat dipromosikan agar di kunjungi para wisatawan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Lanjut, ia menjelaskan Kegiatan berlangsung selama dua hari 14 sampai 15 Juni 2021. setelah itu, dilanjut kegiatan penyambutan Hari Penyu Sedunia yang jatuh pada 16 Juni.

Adapun tamu undangan yang hadir beberapa komunitas baik yang ada di Polman maupun luar Sulawesi Barat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Polman, dan instansi terkait.

Sementara itu, Ketua Sahabat Penyu Muh Yusri mengungkapkan tujuan utama festival kami lakukan adalah meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya menjaga dan melestarikan penyu.

“Selain itu sengaja kami kemas dalam bentuk even agar ekonomi masyarakat sekitar kembali pulih dengan adanya peningkatan transaksi pembeli selama kegiatan berlangsung,” Ucap Yusri

“Harapan kami kedepan dengan adanya kegiatan ini masyarakat semakin sadar tentang penting menjaga dan melestarikan penyu,”Tambahnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button