Dprd

HM . Arsyad Saggap Anggota DPRD Sulbar , Pulihkan Ekonomi Dengan Bantuan Modal

BeritaNasional.ID.Sulbar — DPRD Provinsi Sulawesi Barat Melaksanakan Rapat Pansus terkait Percepatan Pemulihan Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Pasca Bencana di Provinsi Sulawesi Barat. Bertempat di Pelataran Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Barat. Jum’at, 5 Februari 2021.

Susana rapat pansus berlagsung dihalam an terbuka gedung Dprd Sulbar pasca gempa 6,2 SR

Rapat dipimpin langsung oleh Muhammad Hatta Kainang sebagai Ketua Pansus didampingi Anggota Pansus Taufiq Agus serta beberapa anggota lainnya yang hadir secara Daring melalui via Zoom seperti Ismiwati Ramlan, H. M. Arsyad Saggap dan H. Hasanuddin

Dalam Rapat Pansus tersebut dihadiri Para Pimpinan dan Anggota Pansus serta para Perangkat Daerah Provinsi Sulawesi Barat yang terkait seperti Kepala Bappeda Khaeruddin Anas, Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Gunawan Rasjid dan Kepala Bidang PPM A. Almah Aliuddin. Turut mendampingi Sekwan DPRD Provinsi Sulbar, Kabag Persidangan, Kabag Umum, dan seluruh jajaran Sekertariat.

Tujuan dari Pansus ini adalah untuk mengetahui dipasca gempa saat ini tindakan seperti apa yang dilakukan Bappeda karena dipasca gempa ini memerlukan pembenahan dan pemulihan serta berharap Bappeda menjadi panglima untuk melaksanakan rencana aksi.

” Jika hanya bertumpu pada APBD maka Sulawesi Barat tidak akan cepat pulih sehingga dibutuhkan daya dukung regulasi yang sifatnya aturan.” Ucap Hatta Kainang

Diakhir Rapat Ketua Pansus Muhammad Hatta Kainang menyampaikan “terima kasih atas informasi terkait kerja-kerja Bappeda dan di tunggu hasil audiens dari Jakarta.

Serta pansus akan mencermati dan memikirkan skema realokasi dan ini tentunya berbeda dengan refocusing.

Tetapi ini mengenai bencana tentu akan menjadi kesepakan bersama dan tidak menutup kemungkinan akan ada perubahan APBD 2021 mendahului siklus yang di syaratkan di Kemendagri dan tentu DPRD akan sepakat dengan pola itu karena ini menyangkut kepentingan masyarakat dan kemudian didiskusikan secara bersama yang mana yang menjadi prioritas untuk kemudian didorong dan mana yang tidak prioritas. Disini tentu Pansus punya gambaran sejauh mana Pansus mengawasi proses percepatan pemulihan ekonomi dan sosial” Tutup Hatta .

HM Arsyad Saggap Anggota Dprd prov Sulbar Komisi II yang ditemui usai pelaksanaan rapat Pansus mengatakan Pemerintah dan seluruh stacholder harus bersinergi segera membersihkan sisa ouing-puing reruntuhan bangunan pasca gempa 6,2 SR , agar para korban gempa di pengungsian dapat segera kembali kelokasi rumah mereka untuk membenahi hunian sementara dan beraktifitas normal .kata Arsyad .

Dengan kembalinya para pengungsi ke lokasi rumah masing-masing akan mempercepat pemulihan ekonomi merupakan langkah yang sangat penting dilakukan , namun tentunya tidak terlepas dari peran pemerintah dalam segi bantuan sehari hari baik sembako dan kebutuhan lainnya. Kata Arsyad.

Lanjut Arsyad mengatakan Selain kebutuhan sembako , tak kalah penting adalah bantuan modal usaha agar masyarakat dapat bangkit kembali menjalankan usaha yang selama ini mereka jalankan , karena tanpa bantuan modal usaha masyarakat akan sulit untuk bangkit kembali . Tegas HM Arsyad .

 

 

.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button