DprdSulbar

BPBD Sulbar Tak Salurkan 4000 Pcs Terpal , Pansus DPRD Sulbar Geram

BeritaNasional.ID.SulbarĀ –Bantuan dana untuk korban gempa bumi di Sulbar mencapai 2 milyar 890 juta rupiah. Sumbangan berupa dana segar itu masuk melalui donasi sejumlah relawan dan Pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Angka fantastis itu terungkap saat pansus pengawasan anggaran dan penyaluran logistik DPRD Sulbar menggelar rapat dengan sejumlah OPD Pemprov.Sulbar seperti Badan Pengelolaan Keuangan, BPBD dan SKPD teknis terkait lainnya Senin, 15/02/21.

Dalam rapat tersebut terungkap bahwa dana tersebut masuk melalui dua nomor rekening yang dikelola Pemprov.Sulbar yakni rekening BPBD Sulbar (Bank Mandiri) dan rek kas daerah Pemprov.Sulbar (Bank Sulselbar).

Ada pun jumlah uang yang masuk sebesar rp.2 milyar 890 juta rupiah, sementara pengeluaran atau dana yang telah terpakai sebesar 1,2 milyar sehingga sisa dana sampai saat yakni sebesar Rp.1,6 milyar rupiah.

Kepala BPBD Sulbar Darno Majid menjelaskan bahwa seluruh pengeluaran tersebut di peruntukkan untuk membiayai keperluan masyarakat Sulbar yang terdampak gempa bumi.

Ia merincihkan bahwa sekitar 300 juta rupiah telah dibelanjakan untuk membeli 5000 terpal, namun sayangnya baru didistribusi hanya sekitar 1000 saja sehingga sampai saat ini masih tersisa sekitar 4000 terpal.

Hal ini membuat pimpinan dan anggota Pansus tercengang, kaget dan bahkan gram dan marah. Pansus heran mengapa terpal tersebut tidak didistribusikan ke pengunsi atau masyarakat yang membutuhkannya.

Ketua pansus pengawasan anggaran dan penyaluran logistik DPRD Sulbar H.Sudirman meminta alasan mengapa terpal tersebut tidak disalurkan, padahal saat itu banyak warga yang sangat membutuhkan terpal untuk membuat tenda.

ā€œmasyarakat, para pengunsi berteriak butuh terpal untuk membuat tenda, eh tendanya malah tidak di bagi, ada apa ini. Ingat pak ini semua berasal dari sumbangan orang, jangan main-main dengan hal ini. Sepeser uang yang keluar harus di pertanggungjawabkan. Kalau ini tidak disalurkan dan di tumpuk saja ini akan mubassir.ā€kata politisi partai Golkar asal Mamasa ini.

Ketua Golkar Mamasa ini meminta agar BPBD Sulbar segera menyalurkan terpal tersebut, Sudirman juga berharap agar BPBD Sulbar membangun kordinasi atau komunikasi yang baik dengan BPBD di tingkat kabupaten khususnya kabupaten yang terdampak gempa sehingga tugas-tugasnya dapat berjalan dengan lancar.

Menanggapi hal itu, Kepala BPBD Sulbar Darno Majid berasalan tidak disalurkannya terpal tersebut karena data penerima yang tidak Ia kantongi, Ia menjelaskan sudah berulang kali meminta data kepada para camat saat rapat namun tidak memperolehnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button