Dprd

Arsal Aras : RPJMD Dibuat Dari Visi Misi Bupati

BeeitaNasional.ID.Mateng — Untuk memastikan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Tengah, periode kedua ini, bisa berjalan sesuai harapan masyarakat, Bappeda Mateng gelar Forum Konsultasi Publik RPJMD.

Kegiatan tersebut bertempat di aula Kantor Bupati Mamuju Tengah, Senin (29/3/2021) yang dihadiri oleh Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa, Ketua DPRD Mateng, H. Arsal Aras, unsur Pejabat Lingkup Pemkab Mateng, TNI dan Polri.

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Mamuju Tengah, Ishaq Yunus menyampaikan bahwa kegiatan FKP ini dalam rangka mendapatkan masukan dan saran, menuju penyempurnaan penyusunan RPJMD.

“Nanti dari hasil kegiatan ini, akan digunakan melakukan penyen draf RPJMD ini, lalu ditetapkan dan akan digunakan oleh Kepala Daerah dalam pengajuan kebijakan umum dan program pembangunan jangka menengah daerah dan indikasi rencana program,” kata Ishaq Yunus.

Sementara itu, Ketua DPRD Mamuju Tengah, Arsal Aras mengatakan, pelaksanaan FKP RPJMD ini sangat penting dilaksanakan, guna mendapatkan masukan serta saran, untuk pelaksanaan pembangunan daerah jangka pendek dan menengah.

Karenanya Ia menekankan bahwa, konsep RPJMD ini dibuat dari Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yang memimpin daerah ini dan harus bersinergi dengan Rencana Pembangunan Nasional.

“Itu dalam rangka agar RPJMD kita bersinergi dengan program pembangunan daerah, propinsi dan nasional, karena keberhasilan seseorang pemimpin Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dapat diukur seberapa capaian yang dihasilkan dari RPJMD mereka nantinya,” kata Arsal.

Sementara Wakil Bupati Mamuju Tengah, Muh Amin Jasa, mengemukakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini, memenuhi harapan dari Permendagri nomor 86 Tahun 2017, yang digunakan dalam pemenuhan syarat penyusunan RPJMD.

Untuk itu Ia berharap kiranya dalam penyusunan RPJMD tahap keduanya ini, agar benar benar memperhatikan aspirasi masyarakat, sehingga pada proses pelaksanaan dan inter pertasi pelaksanaan RPJMD ini nanti, semua yang menjadi harapan masyarakat dapat terakomodir dalam perencanaan pembangunan dimasa periode keduanya.

“Sehingga yang terpenting dari penyusunan RPJMD ini adalah tujuan, sasaran dan strategi dalam pembangunan daerah yang akan dipedomani pada penyusunan anggaran. Karenanya kepada semua OPD saya juga berharap agar aktif dalam penyusunan RPJMD ini,” pungkas Amin Jasa.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button