DaerahPemerintahan

Patuhi Prokes , Belajar Tatap Muka Tahun Depan Dikbud Polman Buka Di Zona Hijau

BeritaNasional.ID, POLMAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Polman memperbolehkan sekolah belajar tatap muka pada Januari 2020, mendatang. Dengan syarat bagi wilayah yang berstatus Zona Hijau Covid-19 atau wilayah yang berada di Zona aman.

Hal tersebut disampaikan  oleh Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Polman, Hamka Rasyid usai menggelar vidcom dengan bupati dan seluruh kepala Sekolah SD/SMP serta pengawas sekolah di kantor Bupati Polman, Senin 14 Desember 2020.

Hamka mengatakan, sebelum menerapkan pembelajaran tatap muka di sekolah. Disdikbud bersama dengan Satgas Covid ditingkat kecamatan terlebih dahulu akan mendata wilayah mana saja yang berada di zona hijau.

Selanjutnya, pihak sekolah diminta untuk kesiapannya membuka pembelajaran tatap muka.

” Bagi sekolah yang siap, harus menyiapkan dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) seperti tempat cuci tangan, alat pengukur suhu dan masker,” Jelas Hamka.

Lanjut Hamka mengatakan Bukan hanya itu,  pihaknya  akan membuatkan surat pernyataan kepada orang tua siswa untuk memberikan izin anaknya pergi ke sekolah.

“Akan dibuatkan surat pernyataan bagi kedua orang tua siswa untuk merelakan anaknya pergi sekolah, kalau orang tua siswa tidak rela maka siswa tersebut tidak dibenarkan untuk masuk sekolah,”jelasnya.

Namun, pihak sekolah akan tetap memberikan pelajaran dirumah bagi siswa yang tidak dibenarkan oleh orang tuanya ke sekolah.

” Akan tetapi, lagi-lagi semua tergantung kebijakan pimpinan dalam hal ini Bupati Polman. Jika bupati sudah mengizinkan belajar tatap muka, maka Disdikbud akan mengeluarkan surat edaran turun terkait kesiapan sekolah dalam menghadapi pembelajaran tatap muka,”ujarnya.

Jika tatap muka dilaksanakan , maka orang tua murid juga haru mengantar dan menjemput anaknya di Sekolah , dan pelaksanaan proses belajar hanya 2 jam , secara bergantian untuk menghindari  perkumpulan , kantin disekolah tidak di buka,  dan jam olah raga  ditiadakan , Jelas Hamka

Berdasarkan data Disdikbud Polman, kecamatan yang berada di zona hijau Covid 19 yaitu Tutar, Matangnga, Bulo, Anreapi dan Alu. (Wahyuni)

Related Articles

Back to top button