Sulbar

Masa Pandemi, Ketua BKMT Sulbar : Pengurus BKMT Diharap Aktif Bantu Perekonomian Keluarga

Sulbar.Beritanasional.id —- Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Sulbar melalui Bidang Usaha dan Ekonomi, menggelar Sosialiasi Pemberdayaan Ekonomi Ummat yang dirangkaikan dengan Arisan BKMT, Selasa 20 Oktober 2020.

Berlangsung di Masjid Baitul Anwar, kegiatan itu mengusung tema “Meningkatkan Kesejahteraan Ummat Melalui Kewirausahaan”.

Ketua BKMT Sulbar, Ny. Andi Ruskati Ali Baal berharap semua Pengurus BKMT dapat berperan aktif dalam membantu perekonomian keluarga di tengah pandemi Covid-19, dengan memanfaatkan kemampuan atau kreativitas yang mereka punya.

“Kita sebagai perempuan harusnya memang selalu bekali pengetahuan kita dengan pengembangan berwirausaha. Memanfaatkan kreativitas yang kita punya supaya kita juga dapat berpenghasilan apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, yang memaksa kita untuk berfikir keras dalam membantu perekonomian di keluarga kita,”ucap Andi Ruskati

Andi Ruskati menyatakan, dengan terselenggaranya sosialisasi tersebut silaturrahmi antara semua Pengurus Majelis Taklim tetap dapat terjalin kuat, demi memperbaiki hubungan sesama umat manusia dan juga hubungan manusia kepada Tuhan-Nya.

Lanjut Ruskati menambahkan, kedepan apabila pandemi Covid-19 berakhir, BKMT akan menyelenggarakan beberapa program dan perlombaan, seperti Lomba Sholawat antar Majelis Taklim se-Sulbar, Lomba Mengaji dan juga Program Jumat berkah.

“Kita disini bersama-sama untuk memperbaiki bagaimana bacaan atau belajar tajwid kita yang sebenarnya. Walaupun hanya surah-surah pendek, namanya juga baru belajar, tetap kita harus perlancar untuk nantinya bisa kita perlombakan dan juga diprogramkan sekali sebulan. Jumat berkah yang disarankan oleh BKMT, dengan membagi-bagikan makanan kepada masjid yang ada atau masyarakat yang kurang mampu,” tutup Andi Ruskati

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi dan UKM Sulbar, Ny. Rini Lukita Sari selaku pemateri pada kegiatan tersebut, mengatakan, sosialisasi itu lebih seperti mengajak dan memotivasi Ibu-Ibu khususnya Kelompok Majelis Taklim yang ada, untuk keluar dari kondisi kesulitan ekonomi di masa pandemi.
Rini menuturkan, bentuk pembangunan ekonomi ummat dimulai dari pemberdayaan ekonomi keluarga, karena dalam hal tersebut tentu saja yang berperan aktif adalah Ibu-Ibu yang berada di rumah tangga.

“Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam kondisi pandemi Covid saat ini adalah menurunnya atau terpuruknya perekonomian yang membuat beberapa keluarga, susah dalam memperoleh pendapatan,”tutur Rini

Disamping itu, lanjut Rini, juga menyebabkan adanya status WFH, Lock Down maupun status tidak boleh memberikan keleluasaan untuk beraktivitas di luar rumah.

“Kalau kita tidak bisa beraktivitas di luar rumah, tentu saja perekonomian keluarga ataupun pendapatan juga pasti akan berkurang, karena sebagian besar aktivitas ekonomi kita lakukan di luar rumah.”pungkasnya (Ayu/ Yuni)

Related Articles

Back to top button