DaerahPemerintahan

Gubernur Sulbar : Data Sasaran PAUD Harus Akurat

BeritaNasional.ID, POLMAN  — Dalam rangka memberikan apresiasi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan tahun 2020, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan DIKMAS) Provinsi Sulbar menggelar lomba produk unggulan bertempat di Kantor BP PAUD dan Dikmas Sulbar, Senin, ,28 Januari.

2020Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyampaikan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak di bawah usia enam tahun , melalui pemberian rangsangan pendidikan, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani pada usia emas, agar mereka memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut.

Ali Baal juga mengapresiasi upaya yang telah dilakukan BP PAUD dan Dikmas melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Sulbar, khususnya pembinaan anak usia dini dan dikmas atau pendidikan luar sekolah.

” Saya berharap, pelaksanaan berbagai kegiatan terus dimaksimalkan untuk mencapai hasil yang lebih baik,” kata Ali Baal Masdar.

Salah satu yang perlu menjadi perhatian, sambung Ali Baal , adalah data sasaran PAUD dan Dikmas harus betul-betul akurat dan ril, serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

” Untuk itu, pelaksanaan setiap kegiatan harus terencana dengan baik dan out put yang jelas, untuk dapat menepis anggapan pelaksanaan berbagai kegiatan hanya formalitas.

Mantan Bupati Polman dua periode itu juga menyampaikan, pandemi covid-19 yang terjadi sampai saat ini merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama. Khusus di bidang pendidikan,

diperlukan koordinasi yang baik antar pemangku kepentingan untuk menjaga keberlangsungan proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan,sekaligus merawat semangat bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah kita.

Kepada pengelola BP PAUD , Ia menyampaikan beberapa hal, antara lain, agar melakukan pemutakhiran data sasaran anak sasaran PAUD secara berkesinambungan, dengan selalu berkoordinasi pihak terkait.

” Pemutakhiran data sangat penting untuk memastikan semua anak setelah tamat PAUD bersekolah, jangan anak yang tidak bersekolah, Pelihara dengan baik semangat masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembinaan Paud, dengan memberi perhatian secara merata dan proporsional, sehingga semua bisa berkembang.

” Selalu kedepankan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan kegiatan pembinaan Paud dan Dikmas,” tutup Ali Baal

Kepala BP PAUD, Andi Rusdi pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Bunda PAUD Sulbar, Ny. Andi Ruskati Ali Baal atas upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini, terutama di masa pandemi Covid 19 dalam meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah maupun kompetensi tenaga kependidikan paud lainnya melalui berbagai forum yang dilaksanakan di semua kabupaten kota yang ada di Sulbar.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan peresmian penggunaan gedung BP PAUD dan Dikmas Sulbar. Hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPR RI yang juga merupakan Bunda PAUD Sulbar, Ny. Andi Ruskati Ali Baal, Sekprov Sulbar, Muhammmad Idris, Ketua DWP Sulbar, Prof. Kartini Hanafi Idris, sejumlah pimpinan OPD dan undangan lain. (ayu)

Related Articles

Back to top button